Pages

Minggu, 15 November 2015

Suka Duka Mahasiswa Biologi

Hellaaww ~


Mumpung lagi ada waktu senggang nih, aku mau sharing sama kalian yang butuh cerita jadi mahasiswa biologi atau untuk kalian yang sekedar pengen tau aja. Ini tumben banget punya waktu senggang, kenapa tumben? Mahasiswa biologi itu dikenal sebagai jurusannya orang sibuk wkwk
Maklum yaa, ilmu murni biasanya memang begitu. Sampai-sampai banyak banget temen yang nanya begini:

“Ras, apa jurusanmu nggak ada weekendnya?”
“Kok sibuk banget sih, Ras?”
“Nugas mulu tiap hari, nggak bosen?”
“Anak biologi banyak tugas ya?”
“Jomblo ya Ras sampai-sampai kerjaannya nugas mulu?”

Well, sebenernya pertanyaan mereka diatas wajar untuk dilontarkan kok. Tapi pertanyaan yang terakhir itu sungguh menusuk hatiku sangat dalam mbaakk T.T

Jadi begini temen-temen, aku bakal ceritain sesuai pengalaman dan yang aku rasain aja, pendapat bisa berbeda dari temen-temen biologi yang lain.

Pertama, biologi itu kebanyakan jurusan “sedapetnya”. Kenapa aku bilang begitu? Menurut survei aku ke temen-temen, kebanyakan dari mereka awalnya memilih jurusan lain yang menggunakan ilmu biologi terapan. Misalnya kesehatan masyarakat, ilmu gizi, bahkan kedokteran. Aku juga begitu, pengen kedokteran sama ilmu gizi. Tapi untuk yang kedokteran, sebisa mungkin sadar kemampuannya sampai mana, jangan sampai maksain masuk kedokteran tapi nggak bisa masuk. Kalaupun bisa, pastikan kuat sampai akhir ya wkwk Tapi nggak sedikit juga yang jadiin jurusan biologi jadi pilihan pertama. Tapi aku yakin, temen-temen yang milih jurusan biologi ini walaupun nggak jadiin sebagai pilihan pertama, pasti juga suka pelajaran ini. Lah kalo nggak suka ngapain dijadiin pilihan?

Tapi setelah kalian masuk di jurusan ini, nggak akan nyesel kok J Emang sih populasi cowok di jurusan ini jumlahnya pas dijadiin boyband, tapi justru itu istimewanya. Cowok-cowok biologi ini umumnya bertekad untuk ngejaga istri-istrinya wkwk istilah kata kalau lagi demo, si cowok-cowok ini yang jadi bunker ngelilingin pasukan, untuk ngejagain kalo cewek-cewek ini kenapa-kenapa. Sweet ya <3

Itu salah satu indikasi kalo mahasiswa-mahasiswa biologi punya rasa kekeluargaan, mereka nggak pelit, duit maupun contekan tugas wkwk *nggak deennggg XD

Soal tugas yang kelihatannya banyak, bisa dibilang iyaaaa, bisa dibilang enggak. Menurut aku sebenernya sih tugasnya wajar-wajar aja dikasih, yang bikin keliatan banyak itu karena revisi laporan. Jadi begini temen-temen, awal perkuliahan itu belum ada praktikum sekitar 1 bulan - 1,5 bulan. Dosen-dosen bakalan ngasih tugas tertulis untuk dikumpulin di pertemuan berikutnya. Itu masuk nilai tugas. Nah kalau udah mulai praktikum, dosen ini bakalan jarang atau bahkan hampir gak pernah ngasih tugas lagi. Mungkin dosen udah paham kalau praktikum itu banyak nyita waktu baik pas praktikumnya maupun penyusunan laporannya. Bahkan aku sendiri merasa kuliahku 90% praktikum karena kegiatan belajar aku di kos sehari-hari ya kalau nggak ngerjain laporan, ya revisi laporan, atau belajar untuk pre-test praktikum sebelumnya.

Bikin laporan itu gampang-gampang susah, temen-temen. Sehari dua hari bisa jadi, revisinya yang makan waktu, karena harus dikoreksi sekian hari dulu sama asisten laboratorium (aslab) dan revisinya bisa sampai 2 bahkan 3 kali. Revisi ini menurut aku sifatnya opsional. Walaupun aslab nya bilang “kamu revisi ya dek, dikumpulin 3 hari lagi”, tapi toh kita bisa aja nggak usah ngerjain. Ya tapi nilai seadanya karena koreksian pasti banyak banget. Makanya mahasiswa biologi memilih untuk revisi berkali-kali biar nilai mereka maksimal, karena mahasiswa biologi ngejar cumlaude. Malu kalau scientist nggak pinter.

Aku sendiri adalah tipe mahasiswa yang nyantai, nggak suka buru-buru, kalau belajar juga tergantung mood malahan jarang belajar, kalau ngerjain tugas sukanya mepet. Tapi aku merasa menjadi mahasiswa biologi ini masih sanggup aku jalani, nggak sesulit yang orang-orang katakan, aku masih sempet jalan-jalan, jajan-jajan, shoping-shoping kemana-mana kok. A ku sama temen-temen yang lain merasa bangga jadi mahasiswa biologi karena kami ini scientist muda bangsa, apalagi jas laboratorium kami yang kayak dokter wkwk

Banyak banget keseruan jadi mahasiswa biologi, kuliah teori maupun praktikum bener-bener bisa di nikmati. Ada plesetan kalo kami ini anak-anak FK. Bukan Fakultas Kedokteran, tapi Fakultas Kebiologian XD Jadi buat kalian yang mau masuk jurusan biologi atau bahkan yang udah masuk jurusan biologi, jangan ragu-ragu, asyik kok, lapangan pekerjaan lebih banyak, dan sewaktu kalian masih jadi mahasiswa ini biasanya kalian diminta kerjasama sama pemerintah di bidang konservasi. Sebisa mungkin manage waktu kalian. Cicil tugas sedikit demi sedikit kalau ada waktu luang, biar kalau ada tugas laporan atau revisi selanjutnya jadi nggak keteteran.

“Scientist mungkin bisa salah, namun scientist tidak mungkin berbohong”.

Semoga bermanfaat J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar